Ujian Kualifikasi Mahasiswa atas nama Jeckson Siahaan University General



Hari ini Jumat, 25 Juni 2021 Program Studi Doktor Ilmu Lingkungan Pascasarjana Universitas Udayana (PDIL Pasca Unud), menyelenggarakan Ujian Kualifikasi Mahasiswa Program Studi Doktor Ilmu Lingkungan Pascasarjana Universitas Udayana a.n. Jeckson Siahaan secara online dengan menggunakan Cisco Webex Meeting. Judul Pra Proposal yang dipresentasikan adalah "Analisis Serat Mikroplastik dalam Air Buangan Usaha Laundry dalam Rangka Mengurangi Emisi Mikroplastik dan CO2 ke Lingkungan Perairan dan Dampaknya Terhadap Kehidupan".

Beberapa sumber mikroplastik yang mencemari lingkungan telah banyak diidentifikasi, ada yang berasal dari peruraian sampah plastik ukuran besar (tas, packaging), atau mikroplastik yang memang diproduksi untuk penggunaan tertentu misalnya untuk memproduksi abrasif atau sebagai zat aditif untuk kosmetik (seperti microbeads yang berguna sebagai scrubbing kulit) (GESAMP, 2015; Napper et al, 2015). Sumber lain dari mikroplastik adalah pencucian pakaian yang terbuat dari serat sintetis dan atau campuran dari serat alam dan serat sintetis baik secara manual maupun dengan menggunakan mesin cuci di rumah tangga dan usaha-usaha laundry (domestik) dan atau industri pakaian sintetis (Zubris and Richards, 2005; Habib et al., 1998; Thompson et al., 2004).

Terjadinya pelepasan mikroplastik dari pakaian sintetis disebabkan oleh tekanan mekanikal dan proses kimia yang dialami bahan/material tersebut selama proses pencucian di dalam mesin cuci laundry. Bisa dikatakan bahwa semua usaha laundry langsung membuang air cuciannya ke sistem drainase yang berakhir di perairan. Karena itu, penting memahami kelimpahan relatif dan sumber-sumber berbagai jenis mikroplastik, termasuk dari usaha-usaha laundry yang muncul secara sporadis dan masif akhir-akhir ini dan hampir di seluruh Indonesia. Kabar buruknya adalah semua usaha laundry rumahan (kiloan) menggunakan detergen dan conditioner yang dibeli dari industri rumahan juga.

Selaku Ketua Penguji (Pembimbing Akademik) adalah Prof. Ir. I Gusti Bagus Sila Dharma, MT, PhD. dengan lima anggota penguji yaitu: Prof. Ir. Made Sudiana Mahendra, MAppSc, PhD., Prof. Dr. I Wayan Budiarsa Suyasa, MS., Prof. Dr. Ir. I Gede Mahardika, MS., I Gede Hendrawan, S.Si.,M.Si.,Ph.D., serta Dr. Drs. I Made Sara Wijana, M.Si. Hasil dari ujian kualifikasi adalah mahasiswa dinyatakan lulus dengan perbaikan, sehingga dapat dilanjutkan ke penulisan proposal disertasi setelah pra proposal diperbaiki sesuai dengan saran dan masukan dari Tim Penguji diantaranya adalah masukan tentang revisi judul, latar belakang, mapupun metode penelitian(DK).