Ujian Akhir Tahap I (Ujian Tertutup) Mahasiswa a.n. Supardiono

Ujian Akhir Tahap I (Ujian Tertutup) Mahasiswa Program Studi Doktor Ilmu Lingkungan Pascasarjana Universitas Udayana (PDIL Pasca Unud) a.n. Supardiono secara online melalui Cisco Webex Meeting dilangsungkan hari ini, Kamis 15 Juli 2021. Supardiono mempresentasikan Disertasinya yang berjudul "Pengendalian Pencemaran Air  Waduk Batujai di Kabupaten Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat". Selaku Ketua Penguji adalah Prof. Dr. Ir. I Wayan Suarna, MS., dengan enam orang anggota penguji dari dalam institusi yakni, Prof. Ir. I  Wayan Arthana, MS, PhD (Promotor), Prof. Dr. Ir. I Wayan Sandi Adnyana, MS (Ko Promotor 1), Prof. Dr. I Wayan Budiarsa Suyasa, MS (Ko Promotor 2), Prof. Dr. A.A. Ngr. Anom Kumbara, MS., Prof. Dr. Ir. I Nyoman Rai, MS., dan Dr. Drs. I Made Sara Wijana, M.Si., serta satu orang penguji dari luar institusi yang mempunyai keahlian dalam bidang yang sesuai dengan isi disertasi yakni Prof. Drs. H. Yayat Dhahiyat, MS, PhD., yang berasal dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran, Bandung.

Produksi limbah di bantaran Waduk Batujai akan memberikan tekanan terhadap lingkungan hidup apabila tidak dikelola dengan baik yang akhirnya akan bermuara ke badan perairan Waduk Batujai. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengidentifikasi aktivitas kegiatan usaha dan masyarakat yang dapat menimbulkan dampak pencemaran air waduk, (2) merumuskan status kualitas air akibat pencemaran air waduk, (3) menentukan dampak pencemaran perairan waduk terhadap ikan, dan (4) merumuskan model pengendalian pencemaran air waduk yang berkelanjutan dengan metode teknik Interpretative Structural Modeling (ISM). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan dan menganalisis data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas sebagian usaha dan perilaku masyarakat yang tidak ramah lingkungan dengan membuang limbah padat dan cair tanpa melalui proses pengolahan ke badan air menyebabkan pencemaran Waduk Batujai dalam katagori kondisi tercemar sedang. Pencemaran yang terjadi di Waduk Batujai menyebabkan adanya kandungan logam berat pada ikan. Model pengendalian pencemaran air Waduk Batujai dilakukan dengan melibatkan seluruh stakeholders terkait dengan menempatkan akademisi, LSM dan Bappeda Lombok Tengah sebagai pendorong utama pelaksanaan program secara partisipasitif dengan menggunakan pendekatan kearifan lokal untuk mewujudkan tata kelola penanganan sampah yang baik, ketersediaan anggaran, dan keberpihakan pemerintah daerah terhadap lingkungan hidup.

Dalam ujian tertutup kali ini Supardiono banyak mendapat pertanyaan serta saran/masukan dari dosen-dosen penguji untuk perbaikan dan penyempurnaan disertasinya, diantaranya latar belakang, tinjauan pustaka, pembahasan, novelty, kesimpulan yang masih bersifat kualitatif dan lainnya. Hasil dari Ujian Akhir Tahap I (Ujian tertutup) adalah Mahasiswa dinyatakan lulus dengan perbaikan, sehingga dapat dilanjutkan ke Ujian Akhir Tahap II (Ujian Terbuka) setelah disertasi diperbaiki sesuai dengan saran-saran serta masukan dari Tim Penguji (DK).